Optimasi SEO On Page Pada Website

Propellerads

Jika kita membicarakan tentang SEO tentu tidak akan ada habisnya, karena ada dua konsep penerapan SEO pada website yaitu SEO On Page dan Off Page SEO, yang keduanya memiliki teknik – teknik yang berbeda. Mengoptimasikan SEO untuk website tidak lagi mudah seperti dulu. Di tahun 2017 ini untuk mengoptimasikan SEO lebih rumit karena banyaknya website baru yang bermunculan yang ingin mendapatkan ranking pada mesin pencari demi mendapatkan visitor dan melakukan cara apapun untuk mengoptimasikan SEO meskipun cara yang dilakukan tidak diperbolehkan atau ilegal.

Google terus melakukan update pada algoritma mesin pencarinya dengan tujuan memberantas website – website yang menempati ranking tinggi dengan menggunakan cara yang tidak diperbolehkan dan menampilkan hasil terbaik pada mesin pencari dari website yang mengoptimasikan SEO dengan benar. Banyak sekali website – website yang sebelumnya memiliki ranking teratas kemudian hilang karena terkena penalti oleh google. Maka dari itu setiap webmaster harus selalu up to date dengan perubahan algoritma mesin pencari agar tidak terkena penalti.

seo on page optimization

Untuk anda yang baru saja terjun ke dunia webmaster mungkin belum tahu apa itu SEO. SEO (search engine optimization) adalah serangkaian proses untuk meningkatkan visibilitas website atau web page dalam pencarian alami (organic search) pada mesin pencari. Setiap webmaster mengartikan SEO berbeda – beda tapi memiliki inti yang sama yaitu agar website atau web page muncul pada mesin pencari hanya dengan menuliskan beberapa kata kunci saja.

Apa itu SEO On Page? SEO “On-Page” merupakan cara optimasi SEO yang dilakukan masih didalam ruang lingkup website yang memberikan kemudahan kepada user untuk mengeksplor website dan kemudahan kepada search engine untuk memahami struktur website. Mengapa SEO on page sangat penting? Google dan search engine lainnya ingin memberikan user experience (UX) terbaik kepada user mereka, mereka ingin memberikan informasi yang berguna dan kemudahan untuk menavigasi dari website yang sesuai standar mereka.

Cara optimasi SEO On Page

  1. Keyword
  2. Konten berkualitas
  3. Internal & External link
  4. Image alt atribute
  5. Meta description
  6. URL
  7. Page speed
  8. Keamanan website

1. Keyword

Tanpa anda sadari, sebenarnya anda selalu menghasilkan keyword setiap anda melakukan pencarian di search engine, misalnya saya ingin mencari informasi tentang rumah dengan desain minimalis maka kata yang saya ketikan di google adalah “rumah minimalis” sebagai keyword dan google search engine akan memunculkan hasil terbaik yang sesuai dengan keyword yang saya ketikan tadi.

Seperti yang saya katakan bahwa untuk optimasi SEO on page ini tidak mudah seperti dulu dan lebih sulit selain karena perubahan algoritma mesin pencari juga karena semakin banyak website baru bermunculan yang akan bersaing dengan website milik anda. Untuk menentukan keyword yang tepat agar website tetap mendapatkan ranking yang baik, lebih baik hindari penggunaan keyword seperti:

  • keyword yang sangat populer
  • keyword yang tidak populer
  • keyword yang tidak populer sama sekali (tidak dicari)

Bagaimana caranya untuk mengetahui popularitas keyword pada mesin pencari seperti google? Bisa menggunakan fitur Google AdWord keyword planner contohnya seperti dibawah ini:

keyword for seo on page

Angka – angka pada setiap keyword diatas menunjukan popularitas keyword tersebut, 368000 angka yang paling tinggi untuk keyword “rumah” yang berarti keyword tersebut sangat populer, dan 0 untuk keyword “jual rumah desain minimalis” yang berarti keyword tersebut tidak populer sama sekali.

Setelah mengetahui popularitas keyword langkah selanjutnya yaitu dengan memeriksa pencarian keyword pada mesin pencari dalam waktu 30 hari terakhir atau 90 hari terakhir atau 1 tahun terakhir dengan menggunakan fitur Google Trends yang bisa digunakan dengan gratis contohnya seperti gambar dibawah ini:

seo on page keyword

seo on page keyword research

Jika sudah mendapatkan keyword yang tepat selanjutnya masukan keyword pada link, judul, konten, dan meta description, agar search engine dan visitor dapat mengetahui apa isi dari website atau web page anda.

2. Konten berkualitas

Konten yang berkualitas adalah kunci utama untuk membuat artikel SEO friendly, dan memegang peran terpenting dalam optimasi SEO on page. Saya sudah beberapa kali mengatakan bahwa misi dari setiap mesin pencari contohnya google adalah melayanani user mereka dengan sangat baik dalam menampilkan hasil pencarian dengan informasi atau konten yang berkualitas.

Sangat tidak mungkin mendapatkan peringkat pertama pada halaman pertama search engine tanpa konten yang berkualitas. Seperti apa konten berkualitas? konten berkualitas adalah konten yang informatif, edukatif, unik, dapat menyelesaikan masalah, dan sangat memprioritaskan user experience. Google memberikan panduan untuk konten berkualitas sangat jelas.

3. Internal & External link (Anchor text)

Internal link pada halaman website lebih baik tidak lebih dari empat link yang memberikan akses langsung ke halaman lainnya pada website agar tidak terlihat spammy dan internal link harus natural, contoh internal link yang tidak natural dan yang natural:

  • klik disini untuk optimasi SEO off page pada website – “klik disini” berisikan internal link. (tidak natural)
  • baca juga cara optimasi SEO off page – “baca juga cara optimasi SEO off page” berisikan internal link. (tidak natural)
  • selain SEO on page, anda juga harus optimasi SEO off page – “SEO off page” berisikan internal link (natural)

Selain internal link, external link memberikan dampak yang baik untuk website, jadi tidak perlu takut jika memberikan external link akan memperburuk page rank website, selama external link menuju kepada website lain yang relavan dan memiliki reputasi yang baik maka tidak ada yang perlu di khawatirkan.

Jadi, external link yang menuju kepada high authority site membantu SEO untuk halaman website seperti yang dikatakan Rand Fishkin mengapa anda harus memberikan link ke website lain dari website anda.

4. Image alt attribute

Halaman website yang berisikan penuh dengan text dan tanpa gambar akan terlihat tidak menarik, setidaknya berikan satu – dua gambar atau video. Terlalu banyak gambar atau video juga tidak baik kecuali, ukuran file gambar sangat kecil dan tidak berdampak pada page speed dan video bukan video yang diupload langsung ke website tapi hanya merupakan kode embed.

Gambar juga memiliki peran untuk optimasi SEO on page. Untuk optimasi SEO pada gambar tidak sulit, anda hanya butuh beberapa klik saja dan memberikan beberapa deskripsi alt attribut untuk gambar dan yang paling bagus lagi adalah menggunakan gambar milik sendiri.

5. Meta description

Tujuan utama membuat meta description yaitu untuk mendapatkan visitor dari google untuk melakukan klik pada link. Banyak yang mengatakan bahwa meta description tidak memberikan efek untuk SEO. Memang tidak berdampak langsung pada SEO, tapi secara perlahan meta description membantu meningkatkan ranking website karena google menggunakan click through rate (CTR) yang berarti semakin banyak klik pada link anda maka google akan meningkatkan posisi ranking web page anda.

Saya akan memberikan beberapa tips untuk membuat meta description:

  • tidak kurang dari 135 dan tidak lebih dari 160 karakter
  • mengandung “call to action”
  • sesuai dengan isi konten
  • mengandung keyword
  • unik

6. URL

Untuk mengoptimasikan url SEO friendly haruskah atau tidak boleh menggunakan kategori? haruskah sesingkat mungkin? haruskah berisikan keyword? dan anda akan menemukan jawaban yang berbeda – beda pada setiap blog yang memberikan informasi tentang url SEO friendly.

Untuk sebuah blog yang terpenting adalah url berisikan keyword yang akan mewakili keseluruhan informasi tentang halaman blog tersebut. menggunakan kategori dan tanggal pada url juga tidak ada masalah, dan url dibuat cukup singkat, contohnya seperti:

  • contoh.com/kategori/title
  • contoh.com/tanggal/title
  • contoh.com/title

7. Page speed

Optimasi page speed harus dilakukan karena bukan hanya sebagai salah satu faktor SEO, tapi juga karena sangat baik untuk user experience. Bayangkan saja jika anda membuka sebuah website atau web page dengan waktu loading yang sangat lambat, pasti anda akan meninggalkan website tersebut dan beralih ke website lainnya.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan page speed sangat lambat seperti:

  • terlalu banyak banner iklan
  • ukuran file gambar pada web page terlalu besar
  • ukuran halaman yang terlalu besar
  • kualitas hosting yang digunakan

Untuk pengguna wordpress anda dapat mengatasi masalah diatas (kecuali kualitas hosting) dengan menggunakan plugin chace dan plugin untuk optimasi gambar. Kurangi pemasangan banner iklan yang berlebihan, dua atau tiga banner iklan sudah cukup dan tidak menggunakan pop under.

Untuk memeriksa page speed bisa menggunakan fitur google page speed insights, dan usahakan page speed score untuk desktop juga mobile diatas 90 jika ingin halaman website mendapatkan posisi yang baik pada mesin pencari. Google page speed insights juga akan memberitahukan langkah – langkah yang harus dilakukan untuk mengoptimasikan page speed pada website.

8. Keamanan

Jika anda memperhatikan, banyak sekali website yang sebelumnya tidak menggunakan SSL certificate sekarang memilih untuk menggunakan SSL certificate. SSL (Secure Socket Layer) tidak hanya mengamankan data pada situs web saja, tapi juga bisa mengamankan email. SSL certificate melakukan encrypt yang biasanya digunakan untuk melindungi data pribadi seperti informasi kartu kredit, nama pengguna dan password akun.

Keamanan website juga perlu diperhatikan karena selain baik untuk user experience juga baik untuk SEO karena search engine lebih memperhatikan situs yang aman terlebih dahulu.

Perlu diingat bahwa konten yang berkualitas adalah faktor utama dalam penerapan SEO, tanpa konten yang berkualitas halaman website anda tidak akan mendapat posisi yang baik pada mesin pencari. Selamat bekerja, jika ada pertanyaan atau ingin menambahkan silakan tuliskan pada komentar dibawah, terima kasih.

Leave a Reply