Cara Optimasi Off Page SEO Dengan Benar

Propellerads

SEO (Search Engine Optimization) adalah salah satu dari beberapa teknik untuk menarik lebih banyak traffic atau visitor website yang dihasilkan dari ranking website yang tinggi pada SERP (Search Engine Results Page) di mesin pencari seperti Google, Bing, Yandex, dan mesin pencari lainnya dari hasil optimasi On page SEO dan Off page SEO.

Sebelumnya, saya sudah menjelaskan cara optimasi On page SEO seperti membuat artikel SEO friendly, dan optimasi gambar. Kali ini saya akan menjelaskan dengan detail langkah terakhir untuk optimasi SEO yaitu dengan menerapkan teknik Off page SEO dengan benar dan pada tempatnya.

Saya akan bercerita sedikit tentang pengalaman saya. Empat tahun yang lalu saya hanyalah seorang blogger yang tidak memiliki pemahaman sama sekali tentang website dan cara pengembangannya. Dalam satu tahun pertama saya membuat beberapa website dan mencoba – coba menerapkan Off Page SEO pada setiap website saya, tapi tidak berhasil dengan baik.

Akhirnya saya menyadari bahwa informasi yang saya dapatkan dari blog – blog yang saya ikuti sebagian besar salah dan saya juga menyadari bahwa blog – blog yang saya baca tersebut mengambil sumber dari blog negara lain yang diterjemahkan oleh mereka lalu ditulis ulang dengan cara mereka sendiri.

Sudah mengeluarkan banyak uang untuk website – website yang saya buat dan akhirnya gagal tidak membuat saya berhenti, justru membuat saya semakin penasaran dan menguatkan keinginan untuk mencoba kembali. Karena tidak ingin mengulangi kesalahan yang sama saya pun lebih berhati – hati dalam mencari informasi dan mengubah sedikit penerapan teknik SEO off page dari teknik sebelumnya.

optimasi off page seo

Penerapan Off page SEO lebih cenderung kepada promosi konten atau website seperti marketing, maka tidak bisa disamakan dengan potensi website dan peminat atau pembaca dari negara lain, dan kita harus mengetahui siapa yang akan menjadi visitor kita dan dari mana traffic akan datang ke website.

Optimasi SEO off page berbeda dengan optimasi SEO on page karena untuk off page optimasi akan dilakukan diluar ruang lingkup website. Seperti yang dikatakan Alex Chris pada artikelnya mengenai apa itu SEO Off Page. Untuk optimasi SEO off page memiliki beberapa kunci utama.

Off Page SEO

  1. Link building
  2. Social media marketing
  3. Social bookmarking

1. Link Building 

Link building pada SEO off page berupa backlink dan pada SEO on page link building berupa anchor text yang berisikan link lainnya pada halaman website. Saya tegaskan, untuk membangun backlink harus sangat berhati – hati agar tidak terkena penalti karena Google melakukan update pada algoritma google penguin yang juga memberantas negative SEO, black hat SEO, webspam dan lainnya.

Sebelum membangun backlink berkualitas sebaiknya anda tidak membeli traffic, karena kita tidak pernah tahu cara apa yang dilakukan oleh pemberi traffic untuk website kita. Bisa jadi cara – cara yang diberikan adalah cara yang dianggap negatif oleh google penguin. Lebih baik menggunakan jasa dari perusahaan SEO, karena cara kerja perusahaan SEO yaitu dengan menempatkan backlink yang berkualitas, dan perusahaan SEO tentu berbeda dengan para penjual traffic yang biasanya hanya mementingkan uang dari pada kepentingan klien.

Cara menempatkan link untuk mendapatkan backlink yang berkualitas:

Comment

Mengisikan komentar pada do follow blog masih menjadi cara terbaik untuk membangun backlink. Pastikan blog yang akan anda isikan komentar masih relavan dengan blog anda. Memang membutuhkan waktu agar google mengindex link tersebut, dan untuk mendapatkan klik pada profil, anda bisa memasukan nama yang unik misalnya “Raja Makan” pada blog do follow dengan topik makanan, lalu tuliskan komentar yang unik tapi masih sesuai dengan topik untuk mendapatkan visitor dari hasil klik pada profil.

Forum (Hanya High Quality Forum)

Membuat threads yang relavan dengan konten anda di forum – forum dan memberikan link ke blog anda terbukti sangat ampuh. Saya memiliki teman wanita yang bekerja sebagai social media specialist di salah satu online shop indonesia. Pekerjaan yang dilakukan teman saya salah satunya adalah membuat thread dengan topik yang berhubungan dengan produk yang akan dijual dan memberikan link yang menuju ke pembelian produk tersebut.

Guest post

Mengisikan guest post pada blog lainnya juga sangat baik untuk menempatkan backlink, tapi blog tersebut juga harus relavan dengan blog anda. Kerabat blogger saya sering menerima email dari orang – orang yang ingin menuliskan guest post pada website nya dengan niche fitness. Jika hanya mengisi konten di web dan memberikan link yang menuju ke konten mereka pasti diberikan, tapi rata – rata tulisan mereka merujuk ke penjualan dan link yang dimasukan adalah link yang menuju ke produk – produk suplement yang mereka jual, tentu saja ditolak.

Jika anda memiliki teman yang juga seorang blogger tentu akan sangat mudah untuk bisa menuliskan guest post, jika tidak memiliki teman yang juga memiliki blog dengan niche yang sama, maka anda bisa mencari website yang menerima guest post, atau coba bergabung ke komunitas.

Link exchange

Hampir sama dengan gust post, tapi bedanya anda tidak perlu mengisi konten. Anda juga membutuhkan teman yang memiliki blog atau anda bergabung dalam komunitas blogger. Bergabung dengan komunitas memiliki banyak manfaat seperti memiliki teman baru, mendapatkan ilmu, dan memberikan kemudahan – kemudahan untuk mendapatkan backlink yang berkualitas.

Question & Answers

Anda bisa menggunakan website tanya jawab seperti yahoo answer, quora, dan lain – lain, atau juga pada forum. Cari pertanyaan yang berhubungan dengan konten pada blog anda, dan berikan jawaban yang dapat memecahkan masalah lalu berikan link blog pada jawaban, atau juga bisa membuat pertanyaan dan berikan link website anda.

2. Social media marketing

social media off page seo

Melakukan social media sharing atau marketing untuk blog termasuk dalam kategori optimasi Off Page SEO. Jika ingin bisnis, website atau blog lebih populer dan mendapatkan visitor lebih banyak lagi buatlah ikatan kepada visitor dan calon visitor dengan melakukan sharing ke social media. Selain itu social media juga membantu untuk mendapatkan backlink. Cara mudahnya dengan membuat akun Google plus, Facebook, dan Twitter.

Google Plus

Banyak sekali blogger yang melupakan atau menyepelekan google plus untuk melakukan sharing. Google plus memiliki kekuatan tersembunyi pada “hashtag” yang berbeda dengan social media lainnya dan akan sangat membantu untuk mendapatkan traffic seperti yang dikatakan oleh Cyrus Shepard tentang 10 cara pintar menggunakan Google plus untuk meningkatkan traffic.

Facebook

Sebelum menggunakan facebook untuk melakukan sharing blog, lebih baik membaca terms dari facebook terlebih dahulu. Saya merekomendasikan untuk tidak menggunakan profil facebook pribadi, lebih baik membuat facebook page. Dengan Facebook page anda bisa mengundang seluruh teman yang ada di facebook pribadi, jika teman terlalu banyak dan malas mengundang satu persatu, anda bisa menggunakan fitur facebook ads yang dapat meningkatkan traffic website dan juga followers untuk page tersebut.

Twitter

Saya tidak memiliki akun twitter pribadi dan tidak menggunakan twitter untuk melakukan social media marketing atau sharing untuk website – website saya, karena saya pribadi kurang tertarik dengan Twitter. Tapi banyak teman – teman blogger saya yang mendapatkan banyak visitor dari twitter, maka anda juga bisa menggunakan twitter untuk mendapatkan backlink berkualitas dan visitor.

3. Social bookmarking

Promosikan artikel terbaik pada situs social bookmarking, karena anda akan bersaing dengan artikel lainnya yang memiliki topik serupa dengan artikel anda dan biasanya situs social bookmarking membatasi jumlah artikel yang akan disubmit, jika tidak ada batasan, maka submit artikel sebanyak – banyaknya agar mendapatkan backlink lebih banyak lagi.

Buat konten berkualitas, terapkan teknik – teknik On Page SEO juga teknik Off Page SEO dengan benar dan yang dianggap tidak negatif maka Google akan melakukan yang terbaik untuk anda. Jangan coba – coba menggunakan teknik SEO yang tidak diperbolehkan karena pada akhirnya hanya akan merugikan diri sendiri. Optimasi SEO untuk website memang melelahkan, tapi jika tetap bersabar pasti akan mendapatkan hasil yang baik.

Jika ada pertanyaan atau ingin menambahkan silakan tuliskan pada komentar dibawah. Have a nice day, terima kasih.

Discussion

  1. GamerAktif

Leave a Reply